Disdikpora Bireuen Serahkan Bantuan Peralatan Kesenian Untuk Sanggar

BIREUEN --- Sejumlah sanggar di Kabupaten Bireuen, menerima bantuan peralatan kesenian berupa rapai. Bantuan tersebut diserahkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Bireuen, melalui bidang seni dan budaya, dengan tujuan untuk pelestarian seni budaya di Bireuen. Kamis 24 Agustus 2017.

Kadisdikpora Bireuen. Drs. Nasrul Yuliansyah, M.Pd, melalui Kabid Kebudayaan dan Parawisata Disdikpora Bireuen, Mustafa S.Pd, M.Pd di ruang kerjanya mengatakan, adanya bantuan ini diharapkan mampu merangsang para generasi muda  untuk menumbuhkan kesadaran cinta terhadap budaya bangsa.

"Sehingga generasi muda Indonesia lebih cerdas dan memiliki cita rasa artistik yang tinggi, anak bangsa menjadi lebih berkarakter," sebut Mustafa yang didamping kasi Seni dan budaya Agusmaidi, S.Pd.

Mustafa mengharapkan, kebudayaan daerah Bireuen bisa berkembang, ini wujud upaya kita agar kebudayaan lokal kita bisa menjadi kebudayaan mainstream.

"Dengan demikian kelestarian kebudayaan lokal tidak tergerus kebudayaan asing," ujar Kabid Kebudayaan dan Parawisata Disdikpora Bireuen ini.

Bagi sanggar-sanggar yang menerima bantuan ini, diminta peralatan tersebut dijaga dan dirawat sebaik mungkin, dipergunakan sebagaimana mestinya, jangan dijadikan sebagai alat panjangan saja, ujar Mustafa.

Sementara itu, Agusmaidi merincikan, ada 16 sanggar yang menerima bantuan ini, masing-masing sanggar menerima seperangkat alat kesenian tradisional rapai.

Menurutnya, bantuan diberikan berdasarkan  permohonan (proposal) dari sanggar-sanggar sekolah yang bersangkutan, beberapa tahun lalu. (MS)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru