Ketua PKK Pidie Launching Pemilihan Duta Posyandu Terintegrasi

PIDIE – Ketua Tim Penggerak PKK Pidie (TP-PKK) Syarifah Ahmad melakukan launching Pemilihan Duta Posyandu Terintegrasi se- Kabupaten Pidie di Meuligoe Bupati Kota Sigli, Senin, 28 Agustus 2017.

Syarifah mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Duta Posyandu Terintegarasi yang dilaksanakannya itu bertujuan untuk mensosialisasikan Posyandu kepada masyarakat dan memberi motivasi kepada kader Posyandu agar meningkatkan pengetahuan dalam hal pelayanan sosial dasar yang terintegrasi.

Keberadaan Posyandu terintegrasi, kata Ibu Syarifah, belum merata di Pidie, hal tersebut dikarenakan Kader Posyandu belum semuanya memahami dengan baik peran dan fungsi Konsep Posyandu terintegrasi.

"Pemilihan Duta Posyandu ini kita harap mampu mendorong motivasi Pokja dan Kader Posyandu di seluruh Kabupaten Pidie dalam bekerja sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial dasar semakin terlayani," katanya.

Ibu Syarifah juga menjelaskan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu, serta Peraturan Gubernur Aceh Nomor 60 Tahun 2012 tentang Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu Aceh.

Ditegaskan, layanan sosial dasar di Posyandu harus dijalankan secara terintegrasi agar manfaatnya lebih maksimal bagi masyarakat.

"Dengan pelayanan terintegrasi, Posyandu tidak hanya sebagai tempat pelayanan kesehatan Ibu Hamil, Balita serta Pelayanan KB, tapi dapat pula memberikan layanan untuk bidang lain, seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Pos PAUD, dan TPA," ujarnya.

Agar pelayanan lebih maksimal, lanjut Syarifah, setiap Kader Posyandu dan Kelompok Kerja Operasional Posyandu harus memahami makna dari Posyandu terintegrasi. Oleh sebab itu dibutuhkan daya dorong yang kuat agar setiap kader dan Pokja Posyandu senantiasa mau meningkatkan kapasitas dan pelayanannya.

Pada kesempatan tersebut, Syarifah juga mengajak pengurus Tim Penggerak PKK agar saling mendorong dan memperkuat keberadaan Posyandu di Kecamatan  masing-masing.

"Saya selaku Ketua penggerak PKK komit memberikan motivasi, bimbingan, pembinaan dan dorongan agar seluruh kader Posyandu yang ada di Kecamatan masing-masing dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tutup Istri orang No 1 di Pidie tersebut.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru