Sungai Bayeun Diduga Tercemar Limbah PKS

NET ATJEH, ACEH TIMUR --- Sungai Bayeun di Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur diduga tercemar limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sejak sebululan lalu, Jum'at 16 Januari 2018.

Akibatnya warga yang menggunakan air sebagai kebutuhan sehari hari terserang penyakit kulit, selain itu juga mengakibatkan hewan di dalam air kerap mati.

"Kami rasa tercemar limbah kerena air berubah warna keruh kecoklatan, dan mengeluarkan bau selain itu  hewan di dalam air juga mati, warga yang mengunakan air sungai sebagai kebutuhan untuk mandi kerap mengalami gatal gatal,"ungkap warga Bayeun Titi, yang minta namanya tidak mau dipublikasikan.

Dirinya mengatakan sungai bayeun membatasi antara dua Desa yakni Desa Titi Bayeun dan Bayeun Kede, selain sebagai kebutuhan warga, air itu sebagai kebutuhan industri.

Dijelaskan lagi, di dekat sungai terdapat 3 pabrik kelapa sawit, diduga limbah dari salah satu pabrik bocor dan mencemari air sungai.

"Kita meminta pihak terkait melakukan uji laboratorium terhadap air sungai Bayeun, layak atau tidak untuk di gunakan warga, jika terkontaminasi tindak tegas PKS," Ungkapnya. (Basri)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru