Expo PKA VII Banda Aceh, Stand Aceh Barat Promosi Kreasi Enceng Gondok

ATJEH NET, BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah MT saat mengunjungi Stand Aceh Barat beri apresiasi dengan adanya aneka produk yang diolah dari enceng gondok disela - sela berlangsungnya Expo Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 yang berlangsung di Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (4/8/2018).

Kadisperindag Aceh Barat, Dr T Irwansyah di Blang Padang Banda Aceh mengatakan, aneka hasil kreasi enceng gondok merupakan binaan Disperindag Aceh Barat yang dibagi dalam beberapa kelompok perajin.

"Kami menampilkan produk unggulan Disperindag Aceh Barat terutama bahan-bahan anyaman dari enceng gondok, karena selama ini kita tahu tanaman enceng gondok merupakan tanaman penganggu, jadi penyumbat saluran sungai," ujarnya. 

Irwansyah juga menyatakan, dulunya kita buang sekarang dengan kemajuan pemikiran dari kegiatan mahasiswa, mereka mencoba mengolah jadi bahan produksi untuk meningkatkan pendapatan para perajin. Jadi dibuat tas, tempat duduk, keranjang, tempat tisu, meja kantor sehingga kita lebih kembangkan jadi model industri di Aceh.

"Selama ini juga khususnya, kita membuat pelatihan secara masal agar bisa diproduksi dalam jumlah lebih banyak dengan sudah membina 8 kelompok anyaman industri kecil menengah selama dua tahun dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi, dengan adanya kerajinan enceng gondok ini akan dapat menarik pengunjung, " harapnya.

Menurut Irwansyah, permasalahan yang masih dihadapi saat ini dari segi pemasasan, oleh karena itu pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Perusahaan Daerah (PD) yang memiliki akses ke luar daerah, dan luar negeri. 

Sebelumnya dia juga menyebutkan, pernah ada pemesanan dari Malaysia namun stoknya masih kurang, karena itu ke depan akan dilakukan strategi untuk meningkatkan produksi. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru