Walikota Banda Aceh Buka Baiturrahman Expo 2018

ATJEH NET, BANDA ACEH -Walikota Banda Aceh membuka kegiatan Baiturrahman Expo 2018 Putroe Phang Art & Music Weekend Show diikuti 10 Gampong yang berada di Kota Banda Aceh, berlangsung di lapangan eks Hotel Aceh sebelah Taman Sari, Banda Aceh, Kamis (30/8) siang. 

Baiturrahman Expo 2018 tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai 30 Agustus hingga 1 September, semakin semarak karena Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM ikut turun berlomba gelinding ban bersama Muspida dan anggota DPRK.

"Ini sesuatu yang sangat menarik, apalagi ini permainan kita di waktu-waktu kecil, jauh sebelum kita mengenal keadaan yang serba modern seperti sekarang. Permainan ini luar biasa dan ini permainan rakyat serta sangat sederhana yang mulai dilahirkan kembali," ungkap Aminullah.

Wali Kota Banda Aceh inipun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama panitia dan seluruh elemen gampong, serta Muspika Baiturrahman. 

"Ini ide yang kreatif, dengan adanya kegiatan Baiturrahman EXxpo seperti ini akan memberi hiburan pada rakyat, sekaligus membantu membangkitkan perekonomian rakyat kecil," ungkapnya Aminullah.

Camat Baiturrahman, M Rizal SSTP mengatakan, seluruh gampong di Kecamatan Baiturrahman ambil bagian dalam expo tersebut. Masing-masing adalah, Gampong Seutui, Neusu Jaya, Neusu Aceh, Ateuk Munjeng, Ateuk Jawo, Ateuk Deah Tanoh, Ateuk Pahlawan, Peuniti, Kampung Baru, dan Gampong Sukaramai (Blower).

"Pada expo dalam rangka memeriahkan HUT Ke-73 RI ini, setiap gampong menampilkan stand masing-masing yang memperlihatkan peta geografis desa mereka, serta juga menampilkan produk home industry dan kerajinan tangan di gampongnya," jelas Camat M Rizal.

Dia menambahkan, selama tiga pergelaran Baiturrahman Expo, berbagai acara yang bernuansa religi (keagamaaan) dan penampilan seni budaya Aceh akan ditampilkan, mulai rapai geleng, Putroe Phang Art, dalail khairat, dan zikir Aceh. 

"Juga digelar aneka lomba, seperti panjat pinang dan batang pisang, lomba masak, lomba kukur kelapa, lomba merias wajah tanpa kaca, lomba tarik tambang, lomba lari karung, lomba letuskan balon, lomba bawa karet dengan pipet, dan lomba gelinding ban sebagaimana yang diikuti Bapak Wali Kota," sebutnya. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru