Diversifikasi Hasil Olahan Perikanan Diikuti Puluhan Kader PKK se-Pijay

PIDIE JAYA --- Pemerintah  Pidie Jaya (Pijay) melalui Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) memberikan pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Kamis 25 Oktober 2018.

Pelatihan mengolah Ikan Tuna menjadi Steak Tuna, Fish crispy steak (isian fish burger) dan Risol tuna dengan jumlah 42 peserta terdiri dari PKK Kecamatan 16 orang, PKK Kabupaten 4 orang, darma wanita 4 orang, Bunda Paut 2 orang, Ika boga 2 orang, masyarakat umum 12 orang juga dari Ibu Kadis - Kabid 2 orang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pidie Jaya Ir. Kamaluddin mengungkapkan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal  produk olahan berbahan baku ikan.

"Untuk mencari nilai tambah suatu barang atau Lainnya adalah dengan cara mengolah seperti halnya ikan bila kita membeli ikan di pasar harga per kilo Rp 25 000- kita olah dengan beragam rasa pasti harganya lebih mahal oleh karena itu Pemerintah melalui DKP membuat acara Deversifasi supaya bisa menambah pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha, meningkatkan peluang usaha sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujar Ir. Kamaluddin.

"Pengembangan produk hasil perikanan bertujuan untuk memberikan alternatif pada masyarakat dalam mengkonsumi produk perikanan yang tentunya sesuai dengan selera masyarakat, aman dan sehat," ungkapnya.

Hamidah (43) salah satu peserta dari Bandar Dua pada The Atjeh Net mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini selain bisa menambah wawasan juga bisa menciptakan lapangan kerja ibu - ibu PKK dan masyarakat umum.

Forum Peningkatan konsumsi ikan (Forikan) dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan juga dihadiri Asisten 2, diikuti 42 peserta. (kh)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru