KHAS Aceh Sosialisasi Program Penanaman Kembali Lahan Terlantar Kecamatan Samadua

ATJEH NET, ACEH SELATAN -Konsorsium Hutan dan Sungai (KHAS) Aceh mengadakan sosialisasi program penanaman kembali lahan - lahan terlantar bersama seluruh jajaran perangkat Desa Kecamatan Samadua dan masyarakat Labuhan Haji yang berlangsung berbeda tempat di Kantor Camat Samadua dan di Labuhan Haji Timur, Rabu (3/10/2018).

Direktur Konsorsium Hutan dan Sungai Aceh, Khairul Abrar saat berlangsung jumpa persnya mengatakan, pertemuan sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan yang terlantar dalam jumlah mencapai ribuan hektar.

"Kita juga sangat menyayangkan banyak terdapat lahan yang tidak produktif hingga sudah puluhan tahun terbengkalai begitu saja di Kecamatan Samadua, Meukek, Labuhan Haji Timur, Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Tengah, Sawang, Tapaktuan dan Pasie Raja," katanya.

Oleh sebab itu, KHAS Aceh telah merancang program agar lahan-lahan marjinal terlantar dapat ditanami dengan tanaman buah-buahan dan tanaman industri untuk menjaga kelestarian lingkungan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Khairul berharap, Bupati Aceh Selatan, Azwir yang baru dilantik beserta BP DAS, KPH Wilayah VI agar dapat mendukung program ini secara serius dari pihak terkait dalam keberhasilan kedepannya.

Ketua Forum Keucik, Afrizal mengatakan, kami atas nama masyarakat sangat mengapresiasi dan mendukung penuh agar program ini dapat segera terlaksana, selama ini tampak faska matinya tanaman pala berujung kehidupan ekonomi masyarakat semakin menurun. 

"Setelah program ini berjalan nantinya, perlu pengawas dan pendampingan agar program bisa berhasil seperti yang kita harapkan bersama - sama," ungkapnya saat bersama rombongan Kepala Desa lainnya yang ada di Samadua.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Labuhan Haji, Teuku Saudi menyatakan, kegembiraan yang dalam menyambut program ini sangat bagus, kami atas nama masyarakat baik yang hadir dalam rapat ini maupun yang belum hadir sangat mendukung program KHAS Aceh dapat terwujud kenyataan. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru