Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Launching Penukaran Kartu GPN

ATJEH NET, BANDA ACEH - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh adakan jalan sehat sekaligus melaunching penukaran kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) bagi masyarakat yang ingin langsung menukar kartu lamanya.

Disela - sela kegiatan dihadiri Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman beserta jajarannya saat berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (21/10/2018).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Z Arifin Lubis menjelaskan, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen Bank dalam suatu sistem pembayaran.

"Secara mudah, masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari Bank yang sama dengan kartu sebelumnya dimiliki karena semua kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik dapat terhubung dengan satu mesin EDC," ungkapnya.

Namun, sebelum kehadiran GPN, pemrosesan setiap transaksi di Indonesia akan diproses di luar negeri yaitu negara asal penerbit kartu, setelah kehadiran GPN ini pemrosesan data transaksi dapat dilakukan dalam negeri sehingga uang yang di keluarkan untuk biaya administrasi pada setiap transaksinya tetap berada di Indonesia, tidak berpindah ke luar negeri.

Arifin berharap, GPN dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat dan memudahkan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan biaya lebih rendah, sekaligus manfaat yang dirasakan pemegang kartu juga dapat menikmati turunnya administrasi bahkan untuk setiap penerima bantuan sosial Pemerintah, GPN mengenakan MDR sebesar 0 % saat pencairannya.

Pekan edukasi dan penukaran Kartu GPN juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk dapat menukarkan kartu selanjutnya pada hari Sabtu dan Minggu (27 - 28 Oktober 2018) bertempat di Suzuya Mall, Banda Aceh. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru