SPMA Pidie dan HMP PAI STIT AL-Hilal Sigli Adakan Training Jurnalistik

PIDIE --- 40 mahasiswa dari berbagai Kampus di kabupaten Pidie mengikuti training jurnalistik yang diselenggarakan oleh SPMA Pidie bekerjasama dengan HMP PAI STIT AL-Hilal sigli dengan Tema The Smart Writing And The Power of Writing.  

Acara diselenggarakan  pada hari Sabtu, 06 Oktober 2018 di lantai 2 ruang Micro PTI Al-Hilal Sigli. Hadir sebagai narasumber adalah Wartawan harian rakyat Aceh yaitu Zian Mustaqin,Dan Ketua Prodi PAI Bukhari, MA.

Media adalah salah satu mitra strategis Mahasiswa, kita berharap training jurnalistik ini bermanfaat bagi mahasiswa. Ada kemampuan menulis, komunikasi publik dan bagaimana strategi bekerjasama dengan media. 

"Sederhananya bagaimana mahasiswa dapat membuat pers release," demikian disampaikan oleh Pocut Raihanum sebagai Ketua Panitia, Sabtu (6/10).

Hal senada disampaikan oleh Mustafa Kamal, sebagai Ketua SPMA Pidie. Menurutnya, mahasiswa akan dikenalkan bagaimana mengenal jenis, bentuk dan cara kerja media, dan teknik-teknik penulisan berita. 

"Diharapkan pula, setelah training ini mahasiswa dapat menuliskan hasil hasil penelitian kampus kepada masyarakat melalui media publik," jelasnya.

Zian Mustaqin menuturkan, banyak ruang media yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Salah satunya adalah menulis opini, baik opini nasional ataupun lokal. Ini adalah salah satu sarana mahasiswa untuk menuliskan gagasan ataupun ide konstruktif mengenai dinamika persoalan masyarakat. 

Pada akhir palatihan, Zian Mustaqin menularkan ilmunya untuk menulis secara sederhana dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. "Penulisan pers release paling tidak harus memenuhi unsur 5 W + 1 H, yaitu (What, When, Why, Who, Where + How)," jelasnya.

Sementara itu Pendiri Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) Senator Fachrul Razi yang menfasilitasi acara ini ditempat terpisah mengatakan dirinya menggagas Sekolah Training Jurnalistik ini meningkatkan minat dan bakat para mahasiswa dan pemuda dalam menulis. "Kita akan kembangkan di kampus lainnya sebagai program Alumni SPMA," jelasnya.

Pada akhir pelatihan Panitia mengevaluasi karya tulis mahasiswa yang diberikan waktu 10 menit untuk menulisnya, karya-karya bagus dari mereka Mendapatkan Doorprize dari Panitia Berupa Buku Bacaan. (r)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru