Medco E&P Malaka Siapkan Warga Jadi Kader Pemanfaatan Tanaman Obat

NET ATJEH, ACEH TIMUR --- PT Medco E&P Malaka terus berupaya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat sekitar wilayah operasi di Kabupaten Aceh Timur. Salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  di Desa Alue le Itam, Kecamatan Indra Makmu, yang melibatkan dokter ahli herbal bagi 20 orang warga, Beberapa Waktu lalu, Minggu 11 November 2018.

Selain warga sekitar wilayah operasi, turut serta perwakilan Puskesmas Indra Makmu, Dayah Bustanul Huda Julok dan Kelompok Tani Mandiri Desa Blang Nisam mengikuti program tersebut.

"Tanaman Obat Keluarga merupakan salah satu program unggulan kami. Program ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari program Pertanian Ramah Lingkungan yang telah dilaksanakan sebelumnya dan saat ini melibatkan warga binaan kami yaitu kelompok Wanita Tani Rosella," Ungkap General Manager Medco E&P Malaka Susanto.

"Medco E&P berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga tentang tanaman obat sehingga bisa dimanfaatkan oleh keluarga, warga sekitar dan masyarakat luas," Tandasnya.

Adapun para peserta kegiatan ini akan disiapkan menjadi kader pemanfaatan tanaman obat dan melatih masyarakat sehingga bisa menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan pendapatan.

Sementara itu, Idris, peserta pelatihan dari Desa Blang Nisam, mengaku dengan pelatihan ini banyak mendapatkan ilmu tentang cara mengobati penyakit. "Pelatihan ini merupakan pendidikan yang berharga bagi kita sehingga dapat menghadapi berbagai penyakit dengan herbal," Ujarnya.

Keberadaan Medco E&P Malaka di Aceh Timur juga telah dibarengi dengan berbagai perbaikan fasilitas sosial, diantaranya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah DR Zubir Mahmud, Perbaikan jembatan dan Jalan akses Desa, Program Pertanian sehat ramah lingkungan padi SRI Organik yang memanfaatkan Pupuk Kompos, budi daya madu kelulut serta program Prodomba atau pengelolaan ternak domba modern. (Basri)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru