Wakil Bupati Gayo Lues Buka pelatihan Didong, Melengkan dan Motif Kerawang

Gayo Lues - Wakil Bupati Kabupaten Gayolues H Said sani membuka pelatihan melengkan dan didong di Aula Balai Latihan Kerja  (BLK) dinas sosial Blangkapas, kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues, Jumat (30/11/2018). 

Pelatihan ini mengambil tema MAA Dengan melalui pelatihan
melengkan dan didong mari kita tingkakan kualitas dan kuantitas penari didong dan melengkan di kabupaten Gayo Lues.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Kasim Junaidi SE dalam sambutanya, peserta pelatihan melengkan dan didong diambil dari perwakikan kecamatan yang ada di kabupaten gayolues dengan tujuaan untuk pengkaderan didong dan melengkan.

Untuk Narasumber dihadirkan dua orang di antaranya  ibrahim pepalan, dan unsur dari MAA Kabupaten Gayo Lues.

Target kegiatan agar seluruh kampung paling kurang ada satu orang tukang melengkan, dan didong, serta penjahit motif kerawang gayo.

Dijelaskan, Pelatihan kerawang gayo ini agar motifnya tidak salah agar tantanan yang sebenarnya tidak hilang jahitan lambang kerawang gayo tersebut.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari yang dimulai hari ini (30 s/d 31-11- 2018).

Wakil bupati Gayolues H Said Sani mengatakan, moment ini sangat penting ini merupakan adat dan budaya kita supaya betul betul tidak dimanfaatkan agar tidak melenceng dari adat yang sebenarnya, ini jati diri kita
Seperti Didong itu merupakan seni siyar menyiarkan  agama islam

Said sani juga mengatakan, Kerawang gayo sudah dikenal di mancanegara, kerawang gayo mempunyai makna yang sangat besar bagi orang gayo.

Wabub berpesan Pelatihan agar betul memamfaatkan, Kami juga mengharapkan kepada MAA agar merekrut putra dari kampung yang punya suara bagus dan jiwa seni untuk di di latih agar kader di masa yang akan datang. (kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru