BPBD Aceh Tamiang Menggelar Simulasi Bencana Banjir

ACEH TAMIANG - Untuk mengantisipasi bencana yang bisa terjadi kapan saja, BPBD Kabupaten Aceh Tamiang mengadakan menggelar simulasi bencana atau latihan Search And Rescue (SAR) di Sungai Kampung Tanjung Karang Aceh Tamiang, Senin (10/12).

Latihan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan relawan untuk mengantisipasi jika ada bencana alam. Simulasi  dilaksanakan ditengah arus sungai yang sedang naik. Dua orang peserta memerankan menjadi korban tenggelam ditengah sungai.

Mendapatkan laporan kemudian langsung menerjunkan sebuah perahu karet ke tengah sungai. Simulasi tersebut diperankan oleh TNI/Polri, PMI, RAPI, Tagana, Basarnar, Sar, Pramuka dan elemen masyarakat, Kemudian petugas langsung mengevakuasi korban yang tenggelam ke pinggir sungai.

Korban yang kondisinya pingsan langsung ditangani oleh Kepolisiaan dan relawan lainya yang sudah menunggu di tepi sungai. 

Kepala Bidang Pencengahan, Kesiapsiagaan dan Kebakaran pada BPBD Aceh Tamiang, Muhammad Husni mengatakan digelar kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para relawan dalam penyelamatan korban tenggelam.

"Cara-cara menolong korban ini sudah sesuai dengan prosedur  yang dilakukan. Apa yang telah dipraktekan di lapangan, sangat penting untuk mengasah keterampilan yang nanti secara  otomatis relawan paham apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana," ucapnya. (HEN)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru