Rumah Warga Terancam Akibat Erosi Krueng Meureudu Pijay

PIDIE JAYA - Masyarakat terpaksa memindahkah Kuburan keluarganya akibat erosi   sungai Krueng Meureudu tepatnya di Dusun Meunasah Gantung Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu,pidie Jaya,
Sabtu 16 Desember 2018.

Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena semakin hari makin melebar kedaratan bahkan salah satu rumah saudara kami sebahagian dapur sudah ambruk ke dalam sungai, sementara 7 KK lagi menunggu giliran dan 8 kuburan terpaksa dipindahkan apabila tidak secepatnya dipindah sudah jatuh kedalam sungai. Hal tersebut diungkap oleh Fadli (35) salah satu warga yang berdampak erosi.

"Erosi tebing sungai d desa ini sudah terjadi setahun yang lalu akibat terkikis arus sungai, dan keadaannya semakin parah dalam satu bulan terakhir akibat tingginya curah hujan," ujarnya.

Kami berharap pihak pemerintah secepatnya menangani hal ini sebelum satu persatu rumah kami jatuh ke dalam sungai dengan cara memasang batu gajah atau pemasangan bronjong supaya erosinya bisa diminimalisir adanya, harap Angga warga setempat.

"Lebar tebing sungai yang ambruk sudah mencapai 300 meter dan terus bertambah, karena arus sungai yang sangat tajam akibat hujan yang terus melanda kawasan ini. Jika tak segera ditangani, masyarakat di sekitarnya akan menjadi korban," tutup angga. (kh)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru