Abrasi Sungai Lokop, Warga Minta Pemerintah Aceh Ambil Tindakan

Kondisi sungai Lokop yang menggerus bantaran
NET ATJEH, ACEH TIMUR --- Sungai Lokop kian menggerus bantaran, abrasi mengancam jalan dan pemukiman warga di kecamatan Serbajadi.

Zainudin kepala Desa Lokop mengatakan aliran sungai semakin meluas menggerus bantaran yang menjadi pemukiman dan area pertanian warga. Akibatnya area pertanian dan pemukiman warga harus bergeser ke atas bukit.

"Sugai lokop semakin hari semakin menggerus daratan kanan kiri aliran sungai, dan jarak nya saat ini sungai dan jalan lintas sekitar 5 meter, ini terancam putus jika tak di bangun beronjong oleh Pemerintah, kemudian juga mengancam area pertanian dan pemukiman warga jika tak di bangun beronjong,'' kata Zainudin Kepala Desa Lokop Minggu 23 Desember 2018

Disebutkan Sungai Lokop tepat berada di  Kecamatan Serbajadi, beberapa Desa berbatasan langsung dengan sungai Lokop seperti  Desa Lokop, Sunti, Umah Tareng, Ujungkarang, Tualang dan  Desa Lelis.

Bantaran Sungai Lokop dijadikan area  persawahan yang terancam di gerus oleh sungai, Saat ini Masyarakat mengantisipasi abrasi dengan menami bambu di tepi sungai dan melarang mengambil batu di sungai Lokop, katanya.

"Warga meminta pemerintah membangun beronjong di sepanjang aliran sungai lokop sekitar pemukiman penduduk, yang panjangnya sekitar 5 kilometer. Pada tahun 2007 pemerintah telah membangun beronjong tetapi berongjong itu kini telah tenggelam,'' kata Zainudin. (Basri)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru