Wabup Bireuen Ungkap Kunci Sukses Baitul Mal dalam Penyaluran ZIS

BIREUEN – Memiliki peran penting dalam proses sumber daya bagi masyarakat fakir miskin maupun nansia, duafa di Kabupaten Bireuen. Kehadiran baitul mal sangat berpotensi dari tahun ke tahun, dalam penyaluran dana zakat, Infaq shadaqah (ZIS) pada tahap III tahun 2018 

Proses transparansi dalam pengelolaan dana umat tersebut, menjadi kunci suksesnya Baitul Mal Kabupaten Bireuen saat ini, dalam membentuk opini publik. Sebagai cara signifikan dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat dalam pengumpulan dana ZIS di Bireuen.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, dalam sambutannya pada penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Tahap III Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh baitul mal di Aula Lama Setdakab Bireuen, Kamis (27/12/2018) sore.

Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M. Si, sangat mengharapkan kepada para mustahik (yang berhak menerima zakat), agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin dana yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Bireuen ini melalui Baitul Mal.

"Kita berharap dengan dana zakat dan infaq yang diterima ini, dapat membantu meringankan beban ekonomi bagi bapak dan Ibu sehari-hari. Sementara bagi yang belum menerima pada hari ini, Insya Allah akan disalurkan pada awal tahun 2019 nantinya," kata Wakil Bupati Bireuen Muzakkar.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kepala Badan Pelaksana Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Rizwan Sulaiman, S.Ag, dalam laporannya menyebutkan, kepercayaan masyarakat kepada Baitul Mal sebagai wadah penyaluran ZIS, memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Penerimaan Zakat dan Infaq tahun ini sampai 30 November 2018, sudah tercatat Rp11,5 miliar. Sedangkan pada tahun 2017 lalu, sebesar Rp9,5 miliar.

"Artinya, sudah bertambah Rp2 miliar, belum termasuk penerimaan bulan Desember 2018. Alhamdulillah, ini semua berkat dukungan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder serta masyarakat dalam Kabupaten Bireuen," terang Rizwan. (MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru