Anjuran Dinkes Aceh Utara Mengenai Durasi Waktu Olahraga untuk Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, MM

LHOKSUKON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara menganjurkan, masyarakat melakukan aktivitas fisik atau selama minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dilakukan diharapkan membuat masyarakat hidup sehat. 

Anjuran aktivitas fisik tersebut termasuk kegiatan dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang terus digalakkan pemerintah.  Dinas Kesehatan Aceh Utara  mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Germas.

“Germas itu penting. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Boleh  olah raga yang murah meriah, seperti jalan kaki. Atau bisa juga bersepeda. Banyak sekali kan anak muda yang sepedaan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, MM yang didampingi Kabid Kesmas, Samsul Bahri, SKM, MKM, Senin, 17 Juni 2024.

Selain aktivitas fisik, fokus Germas juga terkait konsumsi buah  dan sayur serta pemeriksaan kesehatan secara rutin. Konsumsi buah dan sayur agar ketercukupan gizi seimbang terpenuhi.

“Cek kesehatan berkala juga. Sekarang banyak remaja usia 10-14 tahun yang kena penyakit tidak menular (PTM). Contohnya, hipertensi dan diabetes. Mungkin kebanyakan konsumsi makanan yang terlalu asin dan junk food (makanan cepat saji),” tambah Amir.

Dalam Germas, ada cara melakukan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur. Olahraga dianjurkan minimal 30 menit dan menggunakan perlengkapan olahraga yang sesuai.

Olahraga dilakukan secara bertahap dimulai pemanasan selama 5-10 menit, diikuti dengan pendinginan selama 5 menit. Pilihlah olahraga yang disukai, aman, mudah, dan sesuai  dengan kondisi fisik. Untuk mencapai hasil optimal, olahraga perlu dilakukan minimal  3 kali seminggu.

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dinkes Aceh Utara menganjurkan durasi waktu olahraga sebagai berikut:

Dewasa (18-64 tahun): Melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang selama setidaknya 150 menit per minggu, atau Melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi selama setidaknya 75 menit per minggu, atau Kombinasi keduanya.

Anak-anak dan Remaja (5-17 tahun): Melakukan aktivitas fisik intensitas sedang hingga tinggi setidaknya 60 menit per hari.

Lansia (65 tahun ke atas): Melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama setidaknya 150 menit per minggu, dengan penyesuaian sesuai kondisi kesehatan masing-masing individu. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru