Dinkes Aceh Utara Ajak Masyarakat Senam untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

LHOKSUKON - Senam merupakan salah satu bentuk olahraga yang populer dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan berbagai gerakan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu, senam menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Sebagian orang meyakini, senam juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Salah satu senam yang dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah adalah aerobik. 

Dengan aerobik secara rutin membantu memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit seperti hipertensi dan serangan jantung.

Aktivitas fisik dalam senam membakar kalori dan lemak yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan kombinasi diet seimbang, senam dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, MM melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Samsul Bahri, SKM, MKM, gerakan senam yang melibatkan peregangan dan keseimbangan membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi

"Selain itu yang terpenting adalah untuk mencegah cedera dan meningkatkan performa fisik dan aktivitas sehari-hari," katanya, Selasa (2/7/2024).

Dijelaskan, aktivitas fisik yang teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu mengatur sirkulasi darah yang memungkinkan sel-sel kekebalan berfungsi lebih efektif. Senam tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga pikiran. Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon yang berfungsi sebagai penghilang stres alami dan meningkatkan mood. 

"Latihan senam yang rutin juga dapat meningkatkan stamina dan energi. Dengan tubuh yang lebih bugar dan kuat, kita akan merasa lebih berenergi dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih efisien," kata Samsul Bahri.

"Hidup sehat bisa melalui olahraga, karena olahraga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, Dia juga mengajak kepada masyarakat Aceh Utara agar membudayakan hidup sehat," ujarnya.

Masyarakat tidak usah takut, karena menjadi hidup sehat bisa melalui senam. Senam merupakan olahraga yang baik, murah serta menyehatkan. Selain itu juga bermanfaat untuk membudayajan gaya hidup sehat. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan tersebut.

"Saya harapkan, olahraga seperti senam ini bisa dilakukan secara berkesinambungan, mari kita jadikan olahraga sebagai kekuatan perjuangan dalam rangka pembangunan daerah menuju masyarakat Aceh Utara yang maju, mandiri dan sejahtera, dan khusus untuk lansia ada senam lansia yg gerakan ringan dan mudah," tutup Samsul Bahri. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru