Pengenalan Dunia Jurnalis Kepada Mahasiswa Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE - Lembaga Ikatan Mahasiswa Kota Lhokseumawe (IMKL)  mengadakan pelatihan Jurnalistik Multimedia yang menghadirkan Dua Pemateri Lokal serta penyambutan kepada anggota baru IKML yang baru bergabung, di Aula Kantor Walikota Lhokseumawe, Rabu 24/07/2024.

Pelatihan yang dihadiri 50 orang Mahasiwa/i aktif ini berasal dari Universitas Malikusaleh (Unimal), Politekhnik Lhokseumawe dan IAIN Lhokseumawe yang mengundang Announcer/Reporter RRI Lhokseumawe, Teuku Moundary serta Jurnalis Inews, Muhammad Jafar sebagai pemateri.

Dua pemateri tersebut di hadirkan untuk memberi pemahaman pemahaman dasar tentang jurnalistik, terutama terkait pemahaman terkait sistematika penulisan berita dan kiat menulis berita secara efektif dimedia sosial

Pembina IMKL Herlin, dalam sambutannya mengingatkan kepada peserta atau anggota IMKL yang hadir bahwa bagai mana cara penulisan berita atau cara penulisan informasi yang baik hingga di terima sebagai informasi yang positif  oleh masyarakat pembaca.

"Maka dari itu, diperlukan strategi yang benar dalam penulisan berita, hingga ke depannya akan mengembangkan generasi penulis berita yang baik dan juga informasi penulisan berita yang benar di mesia sosial" ungkap Herlin

Pelatihan diadakan sebanyak dua sesi. Pada sesi pertama, Muhammad Jafar memberikan pengenalan seputar berita dan sistematika penulisan berita. Sedangkan di sesi kedua, Teuku Moundary menjelaskan terkait kiat-kiat penulisan berita yang efektif. Kalimat efektif yang dimaksud adalah kata-kata yang ringkas, padat, jelas, lengkap, dan cermat. Untuk pemahaman yang lebih, para peserta pun diberikan waktu menulis berita dan setelahnya dikoreksi bersama.

Salah satu peserta IMKL Nurul, merespons dengan baik kegiatan ini. Sebagai student reporter baru, dia berharap bisa mendapatkan pemahaman terkait dasar-dasar penulisan dan standar operasional prosedur jurnalistik selain itu, ia juga ingin mengetahui hal-hal yang diperhatikan dalam membuat berita yang menarik pembaca.

"Ekspektasinya terjawab, yang disampaikan oleh pak Jafar dan Moundary sangat bermanfaat dan berguna untuk digunakan dalam praktik serta dapat diaplikasikan dalam penulisan berita nanti." tutup Nurul.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru