Aceh Raih Emas Pertama Selancar Ombak PON XXI


JANTHO - Kontingen Aceh menambah medali emas menjadi 31 keping usai meraih medali dari cabor Selancar Ombak PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang berlangsung di Pantai Riting, Leupung, Jumat (13/9/2024). 

Emas tersebut diraih atlet Dhanny Widianto dalam katagori Aerial. Pekan Olahraga Nasional yang ke-21 ini menjadi tonggak sejarah penting untuk olahraga surfing setelah sekian lama berjuang untuk menjadi anggota KONI hingga akhirnya diterima dan mendapatkan kesempatan untuk mengadakan Eksebisi PON di Papua pada 2022 lalu, hingga akhirnya cabang olahraga surfing resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh – Sumut 2024. 

 Para surfer yang bertanding di PON XXI ini juga harus melalui Babak Kualifikasi PON yang diadakan pada September 2023 lalu. Babak kualifikasi itu diikuti 86 atlet yang berasal dari 18 provinsi. 

Dengan nomor pertandingan yang hampir sama dengan PON XXI kali ini, hanya saja tidak ada divisi Aerial pada saat Babak Kualifikasi PON XXI.

Pertandingan surfing PON XXI akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 14 September 2024, melibatkan 14 provinsi. Ada 5 nomor pertandingan yang akan dipertandingkan, antara lain: Men’s Shortboard, Women’s Shortboard, Men’s Longboard, Women’s Longboard and Aerial. 

Kelima nomor tersebut akan diikuti oleh total 49 atlet dan akan memperebutkan 20 medali: 5 medali emas, 5 medali perak dan 10 medali perunggu untuk 2 atlet akan mendapatkan peringkat ke-3 setiap nomor pertandingannya dalam format pertandingan surfing PON XXI kali ini. (Adv)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru