Dinas P dan K Bireuen Gelar Bimtek Guru SD

BIREUEN- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen menggelar Bimbingan Teknis Penguatan Inovasi guru tingkat sekolah dasar dengan menghadirkan 450 peserta Guru dilingkungan dinas P dan K,

Acara Bimbingan Teknis Penguatan Inovasi Guru SD tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Muslem, M.Si yang didampingi oleh Kelapa Bidang Tingkat Sekolah Dasar. Fauzan, S.Pd, M.M acara dilaksanakan di Aula Wisma Bireuen Jaya Selasa 24 September 2024.

Panitia Pelaksana Kegiatan. Fauzan, S.Pd, M.M menyampaikan dalam Laporannya, acara Bimbingan Teknik Penguatan Inovasi tersebut. bertujuan untuk meningkatkan wawasan kependidikan dilingkungan Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen Tahun 2024.

Namun pada acara ini turut hadir, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Bapak Muslim, M.Si. Sebagai narasumber yang berkompeten, juga kita akan mendengarkan pemaparan dari Kamarullah, S.Ag., M.Pd., Dosen tetap non-PNS di PMA UIN Ar-Raniry dan Widiyaiswara di Balai Diklat Keagamaan Aceh.

Peserta yang mengikuti Bimbingan Teknik ini adalah 450 guru SD, baik pria maupun wanita, yang siap memper dalam pengetahuan dan keterampilan mereka. Kegiatan ini juga mencakup seminar bertema "Menjadi Pendidik Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif dalam Membangun Budaya Literasi di Kalangan Guru". Seminar ini bertujuan untuk membantu para guru dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi bahan bacaan, serta meningkatkan keterampilan literasi mereka, yang sangat penting untuk kesuksesan dalam proses pembelajaran.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, pada tanggal 24 September 2024, di Aula Wisma Bireuen Jaya. Sumber dana untuk kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen Tahun 2024.

Sedangkan, pemateri dalam acara ini berasal dari Balai Diklat Keagamaan Aceh. Sebelum kami akhiri laporan ini, panitia acara meminta kepada Kadis P dan K Bireuen untuk dapat memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Acara Bimbingan Teknik Penguatan Komite Sekolah. Ucap Kabit SD. Fauzan.

Dalam sambutan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Muslem, M.Si menyebutkan, 450 peserta yang berasal dari 233 sekolah dasar hadir dalam acara ini. Setiap sekolah diwakili oleh dua guru, meskipun beberapa sekolah hanya mengirimkan satu guru,

Dalam inti arahannya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Muslim menyambut positif kegiatan seminar Penguatan Literasi di Sekolah Dasar dan berharap seminar ini dapat memberikan dampak yang konstruktif.

Ia menekankan pentingnya inovasi dan pencarian solusi oleh guru dalam proses pembelajaran. Dengan adanya inovasi, pembelajaran akan menjadi lebih bermakna.

"Muslim juga menekankan bahwa seorang guru harus memiliki komitmen dan kemampuan untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih nyaman.

Dalam kesempatan tersebut, Muslim mengajak semua guru untuk memanfaatkan waktu luang mereka dalam menulis karya ilmiah. Diharapkan, para guru dapat terus meningkatkan dan memperkuat literasi dalam pembelajaran, serta mengembang kannya di sekolah masing-masing, Tutup Muslem.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru